Beranda

Perawatan

Promo

Blog

Jerawat Tak Kunjung Hilang? Cek 7 Penyebabnya di Sini!

Mengapa jerawat tak kunjung hilang? Cek 7 penyebabnya di sini dan dapatkan tips efektif untuk memperoleh kulit mulus dan sehat!

Jerawat memang bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang. Kadang-kadang meskipun sudah rajin merawat kulit, jerawat bisa tetap membandel dan terus-menerus muncul. Nah, berikut ada 7 faktor penyebab jerawat yang bisa jadi penyebabnya. Yuk, kita cari tahu apa saja faktor-faktor tersebut!

1. Kebiasaan Mencuci Wajah yang Salah

Salah satu penyebab jerawat yang sering terjadi adalah kurang tepatnya cara mencuci wajah. Kalau kamu tidak membersihkan wajah dengan baik, minyak, kotoran, dan sel kulit mati bisa menumpuk di pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Tapi, tahukah kamu bahwa terlalu sering mencuci wajah juga bisa jadi faktor penyebab jerawat? Oleh karena itu, pastikan kamu mencuci wajah secara teratur setidaknya dua kali sehari, di pagi dan malam hari, dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Dengan begitu, kulitmu bisa tetap bersih dan segar tanpa khawatir jerawat muncul lagi.

2. Makanan yang Tidak Sehat

Tahu nggak, makanan juga bisa jadi penyebab timbulnya jerawat. Makanan yang digoreng, berlemak, atau mengandung gula tinggi bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit dan memicu munculnya jerawat. Namun, jangan khawatir, kamu masih bisa menikmati makanan favoritmu kok! Cukup mengontrol porsi dan frekuensi konsumsinya agar risiko munculnya jerawat bisa diminimalisir. Ayo, tetap menikmati makanan kesukaanmu dengan cerdas dan bijak!

3. Stres

Stres bisa jadi penyebab jerawat yang cukup sering terjadi. Saat kita stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol dan androgen yang bisa meningkatkan risiko peradangan kulit dan jerawat. Tapi jangan khawatir, untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh stres, kamu bisa mencoba mengurangi tingkat stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti membaca, mendengarkan musik, berolahraga, meditasi atau yoga. Jangan lupa, tetap berpikir positif dan nikmati hidup dengan tenang dan santai ya!

4. Produk Perawatan Kulit yang Salah


Memilih produk perawatan kulit yang tepat sangat penting dalam mengatasi jerawat. Beberapa produk perawatan kulit mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan memicu jerawat. Untuk itu, pastikan kamu memilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengatasi jerawat, seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan tea tree oil. Jangan lupa untuk selalu membaca label dan informasi produk sebelum membeli, serta melakukan uji coba kecil terlebih dahulu pada bagian kecil kulit sebelum menggunakannya secara luas.

5. Hormon

Dalam banyak kasus, jerawat disebabkan oleh perubahan hormonal yang dipicu oleh hormon androgen. Hormon ini cenderung aktif selama masa remaja dan awal dewasa. Saat hormon androgen meningkat, kelenjar sebaceous di kulit menjadi lebih besar dan memproduksi lebih banyak minyak atau sebum. Perubahan hormon juga dapat terjadi pada wanita saat menstruasi, kehamilan, dan juga pada usia paruh baya. Oleh karena itu, hormon dapat menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh perubahan hormonal, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kecantikan untuk mendapatkan perawatan wajah atau produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulitmu dan membantu mengurangi jerawat yang muncul.

6. Polusi Udara

Kamu perlu tahu bahwa polusi udara dapat menjadi penyebab utama jerawat. Partikel debu kecil yang ada di udara dapat merusak pori-pori kulit dan menyebabkan iritasi serta peradangan yang memicu timbulnya jerawat. Selain itu, kandungan polutan di kulit juga dapat mengubah komposisi sebum dan menyebabkan kulit kekurangan vitamin C dan E, yang pada akhirnya menyebabkan masalah kulit lainnya seperti minyak berlebih, pori-pori tersumbat, komedo, kulit tidak merata, dan kulit kusam.

Namun, jangan khawatir! Ada langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulitmu agar terbebas dari jerawat. Membersihkan wajahmu setelah beraktivitas di luar ruangan dengan pembersih wajah yang tepat adalah langkah awal yang baik. Kamu bisa mencoba menggunakan Facial Gel Cleanser Tea Tree yang dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih dan komedo tanpa membuat kulitmu menjadi kering.

7. Genetik

Terakhir, kamu perlu tahu nih bahwa faktor genetik juga bisa mempengaruhi jerawat yang muncul di kulitmu. Kalo ada riwayat jerawat di keluargamu, kamu lebih berisiko untuk mengalami jerawat yang muncul pada usia muda dan bisa bertahan sampai dewasa. Bahkan, jika ibumu sering mengalami jerawat, besar kemungkinan kamu juga mengalami hal yang sama. Hal ini karena ibu mewarisi kromosom X yang bisa menurunkan kecenderungan kamu untuk mengalami jerawat.

Tapi tenang saja, meskipun faktor genetik tidak bisa diubah, ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat. Rajin mencuci tangan, mengkonsumsi makanan yang sehat dan memperbaiki gaya hidup adalah beberapa contoh langkah yang bisa membantu mengatasi jerawat yang membandel.

Namun, jika jerawatmu muncul di usia remaja dan ada riwayat jerawat di keluargamu, sebaiknya kamu segera mengobatinya sejak dini. Jika jerawat tak kunjung membaik dalam waktu 1 sampai 2 bulan, sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kecantikan untuk mendapatkan perawatan kulit yang tepat dan lengkap. Yuk, jangan ragu untuk memperbaiki kondisi kulitmu dan dapatkan kulit yang sehat dan cerah!

Nah, itulah 7 penyebab jerawat  nggak kunjung hilang. Penting untuk memperhatikan faktor-faktor tersebut dan melakukan perawatan kulit yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan wajah dan gaya hidup yang sehat ya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang lagi cari solusi untuk jerawat yang membandel. Ingat, dengan perawatan yang tepat dan disiplin dalam menjaga kebersihan kulit, kamu bisa mengatasi jerawat dan mendapatkan kulit yang sehat dan cerah!

Hubungi

Alamat